Tips Merawat Laptop / Notebook

Tips Merawat Notebook Inulwin Bekasi

Memiliki laptop akan memudahkan bagi kalian yang aktif menggunakan komputer untuk kegiatan sehari-harinya, selain lebih praktis laptop juga lebih mengutamakan mobilitas dalam penggunaanya, sehingga kita tidak harus selalu berada di depan meja untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan yang membutuhkan komputer.

Walaupun laptop dirancang dan di uji untuk bertahan dari penggunaan terus menerus, tetapi merawat laptop perlu dilakukan agar komponen laptop tetap awet dan bekerja dengan baik. Berikut langkah-langkah mudah yang akan menjamin laptop kalian awet dan beberapa tips untuk menghindari lemot, dan error-error yang muncul dari penggunaan sehari-hari :

  1. Jauhkan Makanan & Minuman Dari Laptop

Jika kalian makan atau minum dekat laptop resiko nya serpihan makanan yang masuk ke selah-selah keyboard yang nantinya dapat mengundang semut bersarang di dalam laptop kalian, untuk minuman juga dapat beresiko tumpah masuk ke lubang / celah yang bisa mengenai bagian motherboard laptop sehingga menyebabkan short atau korslet. Jadi sebaiknya kalau kalian menggunakan laptop sambil ngemil ada baiknya kegiatan ngemilnya jauh dari laptop.

  1. Gunakan Laptop Pada Permukaan Rata dan Bersih

Menggunakan laptop diatas kasur memang lebih nyaman apalagi sambil tiduran, tetapi menggunakan laptop diatas kasur karena permukaanya yang tidak rata dan dapat menghambat pembuangan udara panas sehingga laptop lebih cepat overheat, jika memang benar-benar ingin menggunakan laptop di atas kasur gunakanlah meja kecil sebagai tatakan, atau lebih baiknya juga bisa menggunakan coolingpad .

  1. Perhatikan Penggunaan Laptop

Karena ketahanan laptop berbeda dengan komputer PC, jadi penggunaan laptop tidak bisa sama dengan komputer PC, laptop sebaiknya tidak digunakan untuk kegiatan berat dan nonstop, hal ini dapat menyebabkan overheat dan beban listrik yang di suplay batre menjadi lebih berat, oleh karena itu jika memang tidak begitu digunakan sebaiknya laptop di matikan atau istirahatkan laptop setiap 2 jam sekali.

  1. Bersihkan Bagian – Bagian Laptop Secara Rutin

Untuk menjaga keawetan laptop hal ini sangat perlu diperhatikan seperti membersihkan bagian casing laptop, layar LCD, keyboard, batre, adapter, port usb, lan, hdmi/vga, lubang exhaust, dari kotoran, noda, dan debu yang menumpuk. Gunakan kain lembut atau blower yang biasa di gunakan untuk membersihkan kamera atau juga bisa menggunakan kanebo agar lebih kinclong, tapi di peras dulu ya, jangan terlalu basah.

  1. Jangan Langsung Menutup Layar Laptop Setelah Digunakan

Hal ini dapat membuat Layar LCD terkena panas dari mesin laptop, sehingga bisa membuat bekas tanda kotak – kotak keyboard pada layar LCD atau yang terburuknya bisa membuat LCD mendapat “bright pixel” yaitu bagian LCD yang cahayanya lebih terang di bagian tertentu, yang harus dilakukan setelah penggunaan laptop yaitu mendiamkan laptop bebarapa menit setelah dimatikan baru layar ditutup, atau lebih baik gunakan pelindung kain yang di taruh diatas keyboard pada saat layar ditutup.

  1. Install Antivirus, Antimalware, Maupun Adblock

Meskipun Kita tahu apa yang akan kita download tapi bisa saja file yang kita download mengandung virus di dalamnya. Malware saat ini juga sangat berbahaya karena dapat mengganggu jalanya proses pada sistem windows, ataupun adware yang dapat tidak sengaja terinstall di laptop kalian, dapat memunculkan iklan – iklan yang tidak diinginkan di desktop kalian, jadi sebaiknya kalian selalu rutin scan virus dan jalankan anti malware setiap sebulan atau seminggu sekali, untuk menjaga file file sistem tidak terlalu parah jika memang terinfeksi virus.

  1. Bersihkan File – File Yang Tidak Digunakan

Membersihkan file sampah yang menumpuk dapat membantu harddisk dalam mengindex file yang ada di laptop kalian, jadi jika banyak file yang sudah tidak digunakan sebaiknya di hapus saja, terlebih lagi pada sistem C.

  1. Jangan Sembarangan Menginstall Program

Installah aplikasi yang dirasa perlu untuk digunakan, apabila tidak begitu perlu digunakan sebaiknya hapus program tersebut, karena bisa jadi program tersebut menjalankan proses background yang cukup memakan penggunaan ram, processor, maupun disk. Hal ini tentunya dapat membuat penggunaan laptop meningkat meskipun dalam keadaan idle.

  1. Install Ulang Sistem Operasi Setidaknya Setahun Sekali

Walaupun windows yang digunakan masih terbilang nyaman lancar digunakan tetapi kita tidak mengetahu file apa saja yang tertinggal dari bekas install software sebelumnya yang telah di hapus. Bisa saja file tersebut dapat menghambat dan membuat salah satu program yang ada menjadi tidak bisa di jalankan.

            Sedikit Tips

  • Jika kamu pekerja yang mengandalkan laptop, sebelum memutuskan untuk membeli laptop kamu dapat memilih berdasarkan kebutuhanmu. Contohnya, laptop yang kokoh untuk pekerja lapangan, spesifikasi tinggi untuk desainer, atau yang memiliki bobot ringan bagi yang sering berpergian.
  • Tekanlah tombol atau keyboard pada laptop secara halus jadi tombol dan keyboard laptop kamu tidak cepat rusak atau terkelupas.
  • Lakukan penjadwalan perawatan, misalnya bersihkan bagian luar laptop setiap seminggu atau sebulan sekali. Bagian dalam laptop 6 bulan atau setahun sekali. Dan bagian sistem operasi & software seminggu sekali atau sebulan sekali, hal tersebut dilakukan tergantung dari frekuensi penggunaan laptop kamu.
  • Jauhkan laptop kamu dari anak kecil.
  • Gunakan laptop di area terbuka yang memiliki sirkulasi udara yang baik, tetapi jauhkan debu dan cairan jika sedang digunakan
  • Backup data penting kamu, untuk mencegah terjadinya kehilangan jika suatu saat terjadi kegagalan sistem atau virus.

Semoga Tips diatas dapat memberikan pembelajaran bagi kalian yang ingin atau sudah memiliki laptop tentang bagaimana cara merawat laptop kalian agar awet, bagaimanapun juga laptop kalian adalah benda yang butuh perhatian khusus. Karena seringkali laptop kita sangat membantu dalam banyak hal.

Diterbitkan oleh Inulwin Bekasi

Jasa Install Windows Bekasi, memulai usaha dari 2012 dan telah menginstall ribuan laptop dan pc. Berpengalaman dalam bidangnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.