Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

 

Saat ini ada banyak tipe dan jenis Windows yang dipakai di Indonesia, kemudian ada juga basis sistem yang berbeda di antara Windows. Ada dua basis sistem berbeda pada Windows, yaitu 32-bit dan 64-bit. Banyak pengguna yang tidak memerhatikan hal ini karena memang tidak mengetahui apa perbedaannya. Padahal perbedaan kedua basis ini dapat memengaruhi pada kinerja. Lalu sebenarnya apa saja perbedaan keduanya? Baik dari segi kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini merupakan perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit

Kemampuan dalam memproses data

Perbedaan arsitektur pada Windows yang memiliki prosesor 32-bit dan 64-bit akan memengaruhi performa pada komputer itu. Sebenarnya angka 32 dan 64 menunjukkan jumlah data yang bisa diproses dalam satu kali putaran. Biasanya 32-bit berarti saat melakukan satu kali proses, data yang dimuat sebesar 32-bit. Sehingga dalam satu kali pemrosesan data, Windows dengan prosesor 64bit akan bekerja dengan lebih cepat dan maksimal.

Jumlah RAM yang bisa digunakan

Perbedaan yang kedua bisa dilihat dari jumlah maksimal RAM yang dapat digunakan. Setiap basis sistem memang mempunyai batasan yang berbeda-beda. Biasanya untuk Windows berbasis 32-bit mempunyai jumlah batasan RAM yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan 64-bit. Windows 32-bit mempunyai batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB). Kemudian kerjanya juga lebih optimal pada saat memakai RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan Windows 64-bit bisa membaca hingga lebih dari 4 GB RAM. Apabila Windows 32-bit dipasangkan dengan RAM sebesar 4 GB, maka yang akan terbaca hanya sampai 3 GB saja karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32-bit dan 64-bit.

Performa 32-bit dan 64-bit

Untuk perbedaan basis sistem Windows 32-bit dan 64-bit ditentukan oleh kemampuan prosesornya. Namun apabila dibandingkan, teknologi prosesor 64-bit memang lebih baru daripada 32-bit. Windows 32-bit dengan prosesor 32-bit memiliki kemampuan berada di bawah 64-bit. Sehingga kombinasi Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan Windows dan prosesor 64-bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, dll.

Kompatibilitas pada software

Perbedaan yang cukup berpengaruh terletak pada kompatibilitas pada software yang bisa digunakan. Windows 32-bit tidak akan bisa menjalankan software 64-bit. Sedangkan Windows 64-bit lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32-bit maupun 64-bit.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Windows 32-bit dan 64-bit?

Kelebihan Windows 32bit

  • Bisa menjalankan software dan aplikasi lama dengan basis 16-bit
  • Bisa bekerja dengan optimal walaupun hanya dengan RAM 2 GB
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau komputer yang sudah lama

Kekurangan Windows 32-bit

  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB
  • Hanya sedikit software baru yang kompatibel
  • Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti After Effects

Kelebihan Windows 64-bit

  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis
  • Lebih cepat dan efisien
  • Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal
  • Dapat menjalankan software 32-bit

Kekurangan Windows 64 bit

  • Tidak cocok untuk laptop atau PC lama
  • Penggunaan RAM lebih banyak dibanding 32bit

Diterbitkan oleh Inulwin Bekasi

Jasa Install Windows Bekasi, memulai usaha dari 2012 dan telah menginstall ribuan laptop dan pc. Berpengalaman dalam bidangnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.